Mengirim email massal dengan Thunderbird – 3

Bagian ini adalah bagian terakhir dari tiga tulisan Tulisan pertama mengenai bagaimana menambahkan plugin Mail Merge di Thunderbird, tulisan kedua mengenai mengirim email tanpa attachment dalam jumlah banyak dan bagian terakhir ini tentang bagaimana mengirim banyak email menggunakan attachment berbeda-beda setiap emailnya.

Attachment pada dasarnya adalah sebuah file yang kita lampirkan dalam email. Jika attachment sama, maka tidak masalah ketika menggunakan cara seperti tulisan kedua. Tapi bagaimana ketika setiap email memiliki attachment berbeda-beda? Mail Merge dapat melakukannya untuk kita.

Pada tulisan kedua, kita telah memiliki data penerima email pada MS Excel. Kita akan tambahkan sebuah field dengan nama “berkas” yaitu berisi lokasi file yang harus dilampirkan pada masing-masing penerima email sebagai berikut :

penambahan field berkas pada file sebelumnya.

Catatan: Mail Merge mampu untuk meng-attach file dengan spasi.

Kita lakukan prosedur yang sama seperti tulisan kedua, dengan pengaturan Mail Merge sebagai berikut :

Isian Mail Merge untuk melampirkan file berbeda-beda.

Pengaturan tambahan yang ada di sini adalah adanya isian {{berkas}} pada isian attachment. Hal ini akan membuat Mail Merge mengambil isian berkas pada Excel, dalam hal ini adalah lokasi file yang berbeda-beda, sesuai penerima email. Kita bisa mem-preview isian email untuk memastikan bahwa file / berkas telah bisa dilampirkan sebagai berikut:

attachment berhasil untuk email index 0

Pada gambar tersebut attachment file 101.pdf bisa dilakukan oleh Mail Merge. Untuk memastikan lagi, anda bisa men-set Deliver Mode menjadi Send Later sebagai berikut :

Dengan memilih menjadi Send Later, kita bisa melihat calon email yang akan terkirim di dalam folder Outbox sebagai berikut :

Calon email pada folder Outbox

Pada folder Outbox kita bisa memeriksa satu persatu email dan attachment-nya sebelum dikirimkan. Jika telah yakin, klik kanan folder Outbox dan pilih Send Unsent Messages:

Memilih menu untuk mengirimkan email yang belum terkirim.

Sampai di sini kita telah bisa melampirkan email pada email penerima yang berbeda-beda. Selamat mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published.