Mengirim email massal dengan Thunderbird – 2

Tulisan ini adalah bagian kedua dari tiga bagian tulisan tentang bagaimana mengirimkan email massal menggunakan Thunderbird. Bagian pertama menunjukkan instalasi add ons Mail Merge dan bagian kedua ini akan berfokus pada bagaimana mengirimkan email tanpa attachment dengan data yang ada pada spreadsheet. Setelah selesai bagian ini, kita bisa mengirimkan ratusan email sekaligus, semisal untuk undangan atau pembagian sertifikat (bukan untuk email bombing atau spam ya …)

Sebelum mengirimkan banyak email, langkah yang pertama dilakukan adalah mempersiapkan data penerima email. Di sini kita akan gunakan spreadsheet MS Excel untuk menampung data penerima email. Sebagai contoh, gambar berikut adalah data penerima email pada MS Excel, disimpan dengan nama file coba-email-massal.xlsx, disimpan di D:

Data yang digunakan, disimpan pada MS Excel, D:\coba-email-massal.xlsx

Untuk mengirimkan email massal dengan data tersebut, ikuti langkah-langkah berikut (asumsi, anda telah menambahkan sebuah akun email di Thunderbird):

1. Buka Mozilla Thunderbird. Pilih salah satu akun email.

2. Tekan Ctrl + N atau File -> New Message .

3. Pada waktu mengisi isian To maupun body email, kita bisa mengambil field dari MS Excel dengan menggunakan tanda kurung kurawal buka dan tutup ganda. Sebagai contoh, kita akan mengambil field email pada file MS Excel, maka kita gunakan {{email}}. Gambar berikut menunjukkan isian lengkap dari email:

Contoh isian email dengan mengambil field dari MS Excel.

4. Setelah selesai, masih di jendela yang sama, klik File -> Mail Merge.

Isian Mail Merge

Sumber data dari penerima email (Source), kita atur sebagai Spreadsheet, Deliver Mode kita set sebagai Send Now (langsung dikirim ketika tombol OK ditekan). Kemudian Sheet Name kita sesuaikan dengan nama Sheet pada MS Excel dalam hal ini adalah Sheet1. Kita bisa melakukan preview data (bagian Spreadsheet) maupun preview emailnya. Sebagai contoh, berikut adalah preview data.

Preview data email penerima.
Preview email. Email terformat dengan format HTML.

5. Jika telah selesai semua, klik OK. Jika ada pop up muncul, klik tombol Send.

Proses pengiriman email.

Pengiriman telah berhasil dan salah satu hasil email adalah berikut:

Hasil pengiriman email.

Selamat mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published.