Merekam Presentasi dengan PowerPoint

MS PowerPoint memiliki fitur yang cukup baik dan lengkap untuk melakukan presentasi, salah satunya adalah merekam presentasi. Hal ini menarik ketika kita ingin mendistribusikan file presentasi ditambah dengan penjelasan presentasi tersebut seolah-olah kita hadir presentasi. Berikut adalah catatan mengenai fitur perekaman presentasi pada PowerPoint.

Fitur perekaman pada PowerPoint ada pada tab menu SlideShow.

PPMenuRekaman

Pada menu ini terdapat menu “Record Slide Show”. Lalu apa yang dapat direkam? Yang dapat kita rekam adalah:

  1. Slide-show tanpa suara, jadi begitu user memainkan slide, maka masing-masing slide presentasi akan “berjalan sendiri” sesuai apa yang kita rekam.
  2. Slide-show dengan suara, yaitu rekaman slide-show seperti nomor 1, tapi dengan tambahan suara. Kita bisa melakukan ini ketika pada laptop terdapat microphone atau kita memasang microphone / headset sendiri.
  3. Slide-show dengan suara dan video presenter.

Berikut adalah gambar pada saat rekaman diambil:

PPRekaman

Menu yang disediakan cukup intiutif, di bagian kiri atas terdapat menu untuk memulai atau mengakhiri rekaman. Selama rekaman, kita dapat “mencoret-coret” presentasi kita. Untuk melakukan perekaman suara saja, icon kamera bisa kita klik sampai icon kamera seperti tercoret.

Keuntungan perekaman ini adalah, kita bisa mendistribusikan file PPT biasa dan ketika orang lain memainkan PPT tersebut, rekaman presentasi kita ada di situ, tanpa tambahan file video ketika mendistribusikannya.

Selamat mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published.