Mencoret-coret layar dengan Zoomit

Layar monitor yang tidak memiliki fasilitas touch screen, tidak menghalangi kita untuk melakukan coret-coret di layar desktop Windows (Saya menggunakan Windows 10) atau yang dikenal dengan screen annotation. Zoomit merupakan salah satu program freeware untuk melakukan screen annotation dengan fasilitas yang cukup lengkap. Screen annotation dilakukan secara live tanpa harus meng-capture layar terlebih dahulu. Artikel ini membahas bagaimana Zoomit digunakan.Zoomit memiliki ukuran yang cukup kecil, sekitar 500KB, mudah diinstall dan digunakan. Software Zoomit dapat diunduh dari link berikut . Setelah download, ekstrak hasil download dan install dengan men-dobel klik file Zoomit.exe. Zoomit akan berada di IconTray.

Zoomit-taskbar

Untuk menlihat opsi, klik icon Zoomit dan pilih menu Options. Beberapa short cut default telah didefinisikan di dalam jendela menu Options.

Zoomit-window

Misal pada tab “Draw” ada shortcut untuk mencoret-coret layar dengan CTRL + 2. Saat tombol tersebut ditekan, maka bisa menggambar di layar menggunakan mouse click yang ditahan. Hasil:

Zoomit-hasil

Selain mencoret-coret, Zoomit memiliki fasilitas untuk memberikan tulisan. Setelah CTRL + 2, tekan tombol ” T ” maka Zoomit memberikan cursor yang memungkinkan kita menulis di mana saja di layar.

Semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *