JShell : REPL Java 9 / 10

Read-Eval-Print Loop (REPL), dalam pemrograman, merupakan sebuah tempat untuk mengeksekusi perintah-perintah secara interaktif. Umumnya, pengguna tools REPL bisa mendapatkan hasil langsung setelah memberikan sebuah perintah program pada tool REPL. Contoh tool REPL adalah Command Prompt atau Shell. Java, sebagai bahasa pemrograman, mulai versi 9 mengeluarkan sebuah tool REPL dengan nama JShell. Tools ini dapat mempermudah para ‘pendatang’ di dunia Java untuk sekedar mempelajari bahasa pemrograman Java dengan cepat, tanpa harus mempelajari dahulu bagaimana cara membuat kelas, memberi nama file, mengeksekusi dan menjalankan program Java. Artikel ini memperkenalkan JShell dan sedikit kemampuan yang dimilikinya.

JShell otomatis terinstall ketika Java 9 atau yang lebih tinggi telah terinstall. JShell dapat diakses menggunakan command prompt (Windows) ataupun Linux shell. Untuk mengaktifkan JShell, ketikkan

jshell

(and hit enter) pada Command prompt. Setelah mengetikkan perintah tersebut, maka JShell akan aktif. Beberapa perintah seperti dalam pemrograman Java dapat dieksekusi. Gambar berikut sedikit menunjukkan kemampuan JShell pada yang dijalankan pada Command Prompt Windows 10 (klik untuk memperbesar) :

Untuk keluar dari JShell, ketikkan perintah :

/exit

Selamat mencoba JShell !

Leave a Reply

Your email address will not be published.